Saturday, August 6, 2016

Mengenal Jenis-Jenis Top Level Domain

Chat on Whatsapp

Sebelum mengetahui apa itu Top Level Domain, mungkin disini Kang Wira akan menjelasakan apa itu domain atau nama domain.

Domain atau nama domain menurut Wikipedia adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.


Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Mengenal Jenis Top Level Domain

Pengertian Top Level Domain (TLD)

Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain, perhatikan tabel dibawah ini

Domain Dibaca Jenis
*.com dotcommercial Komersil
*.net dotnetwork Network
*.org dotorganization Organisasi
*.edu doteducation Pendidikan
*.gov dotgoverment Pemerintahan
*.mil dotmilitary Militer

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).

gTLD adalah seperti yang diungkapkan diatas, seperti : .com, .net, dll.
ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).
Top Level Domain ini secara umumnya sering di sebut dengan istilah 'extension' domain.

Pengertian Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain Name (SLD) adalah nama domain yang kamu daftarkan. Misalnya nama domain yang kamu daftarkan adalah kangwira.com, maka AsianBrainHosting adalah SLD dan *.com nya adalah TLD.

Third Level Domain

Third Level Domain adalah nama sebelum Second Level Domain dan Top Level Domain.

Misalnya nama domain yang kamu miliki adalah kangwira.com, maka kamu dapat menambahkan nama lain sebelum kata ‘kangwira.com', misalnya gudang.kangwira.com, Third Level Domain biasanya lebih dikenal dengan sebutan "Subdomain".

Keuntungan Memiliki Top Level Domain (TLD)

Keuntungan yang dapat diperoleh jika memiliki Top Level Domain (TLD) ialah hasil pencariannya lebih diutamakan di search engine.

Sehingga situs yang menggunakan Top Level Domain akan lebih diunggulkan peringkatnya dalam hasil pencarian di google. Selain itu (TLD) membuat blog kamu terlihat lebih profesional dan lebih elegan tentunya.

Maka pengunjung pun akan mudah mengingat domain blog kamu.

Cara mendapatkan Top Level Domain (TLD) sangat mudah karena sangat banyak penyedia TLD baik lokal maupun luar negeri.

Contoh penyedia TLD dari luar misalnya GoDaddy.com yang banyak menyediakan promosi dan diskon di waktu tertentu. Bahkan saat ini Domain *.com di GoDaddy bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 39.000,- untuk Tahun Pertama.

Ohya Google Pun saat ini sudah memberikan fasilitas Google Domain lho teman-teman, harganya sih relatif murah menurut saya, tapi banyak yang berpendapat bahwa Harga yang ditawarkan Google Domain ini justru lebih mahal. Klik pada gambar dibawah ini untuk Registrasi dihalaman google domain.

Top Level Domain Dari Google

Dan ada juga contoh untuk penyedia LTD lokal yang sampai saat ini masih saya rekomendasikan kepada teman-teman adalah idwebhost.com

Baca juga: Tips Menentukan Nama Domain


Pengaruh Top Level Domain terhadap SEO

Lalu apakah ada pengaruh dalam menggunakan TLD terhadap SEO? Jika pernah membaca beberapa sumber di forum-forum misalnya, dikatakan bahwa google lebih menyukai situs dengan TLD .com, kemudian baru .net dan .org.

Dalam artian .com lebih memiliki prioritas dan rankingnya pada SERP diutamakan ketimbang TLD lainnya. Apakah benar demikian? Sebenarnya algoritma google tidak terlalu mementingkan TLD, melainkan pihak yang bisa dikatakan menganggapnya penting adalah pengunjung website kita.

Apalagi di Indonesia , TLD .com sudah amat populer dan identik dengan sebuah website.

Semoga Artikel tentang Mengenal Jenis Domain ini bisa menambah wawasan teman-teman untuk memilih domain mana yang tepat untuk blog kamu saat ini.

Jangan sungkan untuk memberikan kritik dan saran kamu di kolom komentar dibawah ini yah teman-teman.
Dan segera masukkan email kamu pada kolom berlangganan dibawah ini untuk mendapatkan notifikasi ketika ada artikel yang baru di posting.
Previous
Next Post »
BLOGGER
DISQUS

No comments