Tuesday, February 6, 2018

Jangan Lupa Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools

Chat on Whatsapp

Hari ini saya mendapat sebuah pesan via Whatsapp Messanger dari teman saya yang bertanya tentang cara Verifikasi Blog kedalam Webmaster Tools.

Saking keasikan modifikasi template, akrirnya seorang blogger lupa bahwa ternyata blog nya harus memiliki verifikasi dari Google WebMaster agar blognya bisa lebih cepat diindex pada mesin pencarian Google.

Jangan Lupa Verifikasi Blog ke Google Webmaster Tools
Meskipun sudah banyak tutorial nya di google, ternyata saya lupa membuat postingan ini untuk pengunjung setia Kang Wira. Maka dari itu hari ini akan saya ulas Cara Mudah Memverifikasi Blog ke Google Webmaster Tools.

Nah sebelum kita lanjutkan pembahasannya, saya mau tanya dulu nih sama teman-teman yang sudah membaca artikel singkat ini.

Apakah kamu sudah memiliki Property pada Google WebMaster Tools?

Property yang saya maksud ini adalah menambahkan URL/Link Blog kita ke dalam list webmaster pada akun kita. Kalau teman-teman belum menambahkan URL/Link Blog itu, silahkan buat sekarang juga.

Caranya cukup dengan mengunjungi link Google WebMaster Tools, lalu cari tombol Tambahkan Properti disebelah kanan layar kamu. Setelah itu masukkan URL blog teman-teman pada popup yang muncul di halaman itu.

Catatan : http:// atau https:// harus ditulis dengan benar

Saya anggap teman-teman sudah selesai membuat properti baru di google webmaster tools nya yah.

Baca juga: Memasang HTTPS Gratis dari Google pada Custom Domain Blog


Langkah selanjutnya, teman-teman akan langsung dibawa pada halaman Verifikasi Kepemilikan. Disana teman-teman hanya perlu memilih Metode Alternatif lalu pilih Tag HTML dan salin Tag HTML yang sudah diberikan oleh WebMaster Tools, seperti contoh gambar dibawah ini.

Cara Verifikasi Blog Menggunakan Tag HTML
Setelah itu buka menu EDIT HTML didalam Dashboard Blog, dan letakkan Tag yang sudah kamu salin tadi tepat setelah kode <head>

Ohya, bagi teman-teman yang sudah memasang All in One SEO Pack didalam template nya, silahkan cari tulisan google-site-verification pada template, lalu gantikan 1 baris HTML tersebut dengan Tag yang tadi kita dapat dari WebMaster.

Saya anggap teman-teman sudah selesai mempraktekkan langkah diatas yah. Maka langkah selanjutnya, kita cukup kembali pada halaman Webmaster yang tadi, lalu klik tombol verifikasi nya.

Selesai.

Jika teman-teman sudah menggunakan Custom Domain, teman-teman bisa juga memverifikasi blog menggunakan menu Penyedia Nama Domain. Tapi sejauh ini sebenarnya sudah cukup sih menurut saya.

Langkah selanjutnya teman-teman bisa membaca artikel saya tentang Cara Menambahkan Sitemap kedalam Google Webmaster

Cukup sekian dulu artikel singkat ini yah teman-teman. Semoga artikelnya mudah di mengerti.

Apabila masih banyak yang belum dipahami, silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk Berlangganan Artikel Kang Wira dengan cara mengisikan alamat email kamu pada kolom Berlangganan dibawah ini.

Apabila bermanfaat, jangan lupa juga untuk share artikel ini ke facebook atau twitter kamu yaa.
Previous
Next Post »
BLOGGER
DISQUS

No comments