Friday, June 17, 2016

Cara Mudah Menambahkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster

Chat on Whatsapp

Hari ini saya baru kembali ke meja kerja setelah mendapatkan izin untuk pulang kampung sejak 2 minggu lalu.

Nah selama saya di kampung halaman banyak sekali waktu kosong yang sudah saya buang begitu saja dengan alasan tidak memiliki gadget yang mumpuni untuk menyalurkan hobi mengetik ini. maaf jadi curhat hehe.

Selama Kang Wira pulang ke rumah, banyak sekali planning yang saya tuangkan kedalam buku harian saya untuk mencari ide artikel.

Cara Mudah Menambahkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster

Karena sayapun menyadari di blog kangwira ini memang masih sangat sedikit jumlah artikel yang sudah saya tulis. Salah satu ide artikel yang sudah saya rencanakan saat itu adalah artikel yang kali ini saya buat. Yaitu Tips ...

Cara Mudah Menambahkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster


Mungkin teman-teman semua yang berkunjung kesini, sudah tahu sedikitnya tentang cara membuat Blog.

Bagi kamu yang belum tahu caranya, dan pastinya ingin tahu lebih jelas cara membuat sebuah blog, kamu bisa baca artikelnya disini

Baca juga : Cara Kirim Artikel ke Google


Selanjutnya, akan saya bahas sedikit tentang menambahkan sitemap blog ke Google Webmaster. Teman-teman semua sudah mengerti istilah Sitemap ?

Apa itu Sitemap ?


Sitemap diambil dari Bahasa Inggris tentunya. Yang bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesianya artinya adalah Peta Situs. Yang pastinya teman-teman sudah bisa mengerti pengertian Sitemap ini secara garis besarnya ya.

Sitemap adalah sebuah peta yang berisi kumpulan link semacam directory yang ada didalam sebuah blog atau website dan biasa kita kenal sebagai Daftar Isi.

Semua Artikel yang sudah kamu buat akan secara otomatis terlihat pada sitemap, namun tampilannya memang lebih sulit dipahami bagi kamu yang baru belajar karena tampilannya hanya text bercampur dengan kode HTML.

Nah untuk pengertian lebih detail tentang Sitemap, teman-teman bisa cari di googel dengan kata kunci "pengertian sitemap didalam blog".

Baca juga : Ciri-Ciri Blog Yang Disukai Google


Bagaimana Menambahkan Sitemap Ke Google Webmaster ?


Karena didalam sebuah blog itu sudah ada sitemap default pemberian dari google, jadi apabila kamu belum membuat halaman Daftar Isi didalam blog kamu, tapi blog kamu sudah punya sitemap default dengan alamat

http://namakamu.blogspot.com/sitemap.xml


Sebelumnya, harus dipastikan kamu sudah mendaftarkan blog kamu ke Google Webmaster ya. Nah untuk memasukkan sitemap blog kamu ke webmaster itu sangat mudah, ikuti Cara Mudah Submit Sitemap Ke Google Webmaster dibawah ini yang saya sertakan dengan gambarnya sebagai panduan.

Masuk ke Google Webmaster lalu pilih blog yang akan kamu input sitemap. Setelah itu pilih perayapan [gambar nomor 1] --> Peta Situs [gambar nomor 2].
Cara Mudah Menambahkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster 1
lalu kamu klik tambahkan / uji peta situs yang ada di samping kanan atas monitor kamu, dan isi kolom nomor 2 dengan URL yang saya sisipkan dibawah gambar ini.

Cara Mudah Menambahkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster 2

atom.xml?redirect=false
sitemap.xml
feeds/posts/default?orderby=updated
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Silahkan kamu masukkan URL diatas satu per satu, maka hasilnya bisa kamu lihat pada contoh gambar dibawah ini.

Cara Mudah Menambahkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster 3

Baca juga : Alasan Orang Berhenti Blogging

Jika artikel kamu sudah lebih dari 500 artikel, maka tambahkan juga URL berikut ini

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500


Nah, sampai sini saya harap kamu sudah mengerti Cara Mudah & Menambahkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster, apabila ada pertanyaan, bisa kamu tanyakan pada kolom komentar dibawah artikel ini.

Semoga artikel ini bisa menambah sedikit wawasan teman-teman untuk berkreasi  terhadap blog pribadi kamu.

Previous
Next Post »
BLOGGER
DISQUS

4 comments

biar bisa muncul di menu blognya gimana om, cek punya saya www.cidewacentre.ga

Balas

Coba rubah template nya supaya tampil responsive.
Dan supaya Muncul di menu, Coba cek artikel ini.
http://www.kangwira.com/2016/09/edit-menu-navigasi-blog.html

Balas

Terimakasih mas informasinya

Balas

Sama-sama mas.. Senang Bisa membantu

Balas