Sunday, June 17, 2018

Cara Melihat Kode Template Yang Digunakan Blogger Lain

Chat on Whatsapp

Sebelumnya saya selalu senang membantu teman-teman blogger lain yang hobby melakukan Modifikasi Template Blog dengan cara mengarahkan teman-teman melalui Facebook Chat ataupun Menggunakan Whatsapp Messenger.

Tapi kendala yang saya alami saat itu adalah sulitnya beraktifitas di luar rumah karena harus standby didepan PC untuk melayani tanya-jawab bersama sahabat kangwira mengenai Koding HTML dan CSS.

Cara Melihat Kode Template Yang Digunakan Blogger Lain
Saya yakin teman-teman pun sudah paham betul bahwa melakukan aktifitas Re-Design template blog, kita akan merasa lebih nyaman saat ngoding menggunakan PC / Laptop bukan?

Karena selain Luas Layar pada Monitor yang cukup memadai, di PC (Personal Computer) maupun di Laptop itu kita bisa dengan mudah melakukan Multi Tasking.

Karena keterbatasan saya beraktifitas diluar rumah.. sampai-sampai pada akhirnya saya membuka jasa untuk Remote Maintenance menggunakan Team Viewers lho teman-teman. Eits.. saya bukan bermaksud untuk mempromosikan jasa saya nih teman-teman.

Nah untuk Melihat Kode pada Template Orang lain menggunakan PC itu caranya sangatlah mudah. Teman-teman bisa menggunakan 2 cara yang cukup sering dilakukan oleh teman-teman Modifikator lain, yaitu :
  1. Melihat Kode Template Menggunakan View Page Source
  2. Melihat Kode Template Menggunakan Inspect Code

Melihat Kode Template dengan View Page Source

Yups.. Kita bisa melihat kode pada template yang sedang digunakan oleh blogger lain hanya dengan menggunakan Menu View Page Source atau Melihat Sumber Halaman jika teman-teman menggunakan chrome berbahasa Indonesia.

Page Source pada PC dapat kita jalankan menggunakan 2 cara yaitu dengan menggunakan klik kanan pada template yang akan dilihat kodenya, lalu pilih View Page Source yang biasanya berada pada posisi ke-2 dari urutan bawah, atau bisa juga menggunakan Shortcut Keyboard dengan cara menekan tombol CTRL+U pada keyboard.

Maka Otomatis teman-teman akan membuka tab baru pada chrome dan membuka URL view-source seperti pada gambar dibawah ini.

Melihat Kode Template dengan View Page Source
Klik Untuk Perbesar Gambar

Pada halaman View-Source, teman-teman bisa melihat hampir seluruh kode yang ada pada template tersebut, meskipun ada beberapa kode seperti tag kondisional dan javascript yang tidak akan muncul pada halaman tersebut.

Bagi teman-teman yang mau mencoba intip Kode Template yang digunakan oleh blogger lain melalui SmartPhone, silahakn salin kode kode dibawah ini pada browser chrome di smartphone teman-teman.

view-source:https://www.kangwira.com

Silahkan teman-teman ganti url kangwira dengan url blog target.

Melihat Kode Template Menggunakan Inspect Element

Nah sekarang kita menuju Tools yang paling sering dipakai oleh teman-teman Modifikator untuk melihat dan merubah tampilan blog secara instant menggunakan Inspect Element.

Kenapa saya bilang instant?
Karena ketika kita melakukan perubahan pada kode-kode yang ada didalam template kita, pada saat itu juga kita dapat melihat hasilnya tanpa harus reload halaman. Tapi fungsi ini hanya untuk sementara lho teman-teman, jadi ketika kita melakukan refresh halaman, maka tampilan yang sudah kita modifikasi tadi akan kembali seperti awal lagi.

Untuk dapat menggunakan Inspect Element pada Browser Google Chrome, teman-teman bisa memanggil fungsi ini menggunakan 2 cara juga nih teman-teman, yaitu dengan cara klik kanan lalu pilih menu Inspect atau bisa juga menggunakan Shortcut Keyboard dengan menekan tombol CTRL+SHIFT+I pada keyboard.

Maka teman-teman akan melihat dan memulai pekerjaan teman-teman menggunakan Inspect Element ini seperti contoh pada gambar dibawah ini.

Melihat Kode Template Menggunakan Inspect Element
Melihat contoh gambar Inspect Element diatas, teman-teman bisa melihat banyaknya Menu yang menurut saya sudah cukup lengkap nih untuk melakukan berbagai maintenance terhadap blog kita nih teman-teman.

Tapi sepertinya tidak dalam postingan ini saya membahas tentang fungsi-fungsi menu yang disediakan didalam Inspect Element pada Google Chrome ya teman-teman.

Tapi sayangnya saya masih belum menemukan cara agar kita bisa menjalankan Inspect Element menggunakan SmartPhone nih teman-teman, mungkin teman-teman ada yang sudah tahu cara menjalankan Inspect Element dari Smartphone?

Jangan sungkan untuk berbagi pengalaman modifikasi template pada kolom komentar yah.

Menurut pendapat Saya bahwa melakukan Modifikasi template tanpa menggunakan Inspect Element, rasanya seperti Makan Nasi tanpa Piring

Sekian dulu pembahasan kita tentang Cara Melihat Kode Template Blog yang Digunakan oleh Blogger lain nih. Kembangkan Kreatifitas kamu ya teman-teman.
Previous
Next Post »
BLOGGER
DISQUS

6 comments

Pas memperbaiki tampilan template, saya juga biasa pakek inspect element dulu mas. baru kodenya saya copy di edit HTML. Tapi baru tau saya untuk shortcutnya sekarang....

Balas

Kalo mau ngambil kode nya bisa ga kang?

Misalkan saya mau bikin header evomagz seperti viomagz biar sticky..

Balas

Saya sering banget kepoin daleman template buat pembelajaran kadang juga buat diterapin di blog. Hehe

Balas

iya mas.. hampir rata-rata seperti itu sih.

Balas

bisa saja mas, yang perlu di perhatikan itu adalah id dan class yang ada pada suatu section dan javascript

Balas

iya mas.. banyak blogger yang seperti itu memang

Balas